Jenis burung merpati hias di indonesia saat ini sudah ada banyak, hal ini dikarenakan banyak peternak merpati hias yang mengimpor merpati hias dari luar negeri. Di Indonesia saat ini sudah banyak yang membudidayakan merpati hias.

Pengalaman pribadi, dulu sekitar tahun 2012 harga merpati hias sempat naik tinggi sekali. Pada saat itu merpati hias belum mudah dicari seperti sekarang ini. Tidak bertahan lama harga berangsur-angsur turun, hal ini diakibatkan populasi merpati hias di Indonesia meningkat drastis. Selain karena populasi yang meningkat, banyak peternak yang membudidayakan secara asal-asalan. Hasil budidayanya berkualitas rendah sehingga harga juga semakin turun.

Minat merpati hias saat ini di tahun 2017 tergolong masih diminati banyak orang. Tidak ada salahnya jika anda memeliharanya untuk sekedar hiasan rumah semata. Buat anda yang belum tahu jenis-jenis merpati hias bisa simak artikel ini.

Jenis Burung Merpati Hias Berdasarkan Bentuk Badan

Merpati Kipas

Jenis burung merpati hias ini sangat unik, ekornya seperti kipas dan hal ini yang membuat merpati ini dinamakan merpati kipas. Ekornya yang seperti kipas ini yang membuat merpati jenis kipas terlihat eksotik.

Jenis merpati hias kipas paling populer dan paling banyak diminati. Selain itu jenis ini mudah kita temukan.

Merpati Frillback

Jenis burung merpati hias frillback ini mempunyai ciri bulu yang ikal atau keriting. Jenis ini sangat unik dan jarang ditemukan.

Merpati Frillback
Sumber : agus merpati hias blog

Merpati Jacobin

Jenis merpati jacobin ini mempunyai ciri-ciri bulu leher yang berdiri keatas dan ada yang hampir menutupi mata. Merpati hias jenis jacobin juga banyak diternak di Indonesia. Dulu mencari merpati hias jenis ini tidak mudah, namun sekarang sudah mudah ditemukan.

Merpati Jacobin

Jenis Burung Merpati Hias Berdasarkan

Warna Bulu

Merpati Lahore

Jenis burung merpati lahore ini sangat menarik karena kombinasi 2 warna bulu yang jika dilihat sepintas mirip dengan pinguin. Merpati hias lahore yang paling banyak beredar adalah warna putih hitam. Ada jenis kombinasi warna lain seperti putih abu dan putih coklat, namun harga biasanya lebih mahal.

Merpati Lahore

Merpati Modena

Nama Modena sendiri diambil dari nama sebuah kota dimana merpati hias ini berasal. Ciri-ciri yang paling berbeda adalah motih bagian kepala yang seperti memakai topi. Warna bagian kepala dan bagian badan ada pembatas sehingga terlihat beda. Bentuk tubuh dari jenis ini pendek dan gemuk sangat menarik dilihat.

Merpati Modena

Merpati Oriental Frill

Yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah marking dan warna bulu yang unik. Dulu jenis ini harganya cukup mahal bisa mencapai 3 juta untuk sepasang, namun sekarang mungkin hanya 500 ribuan saja.

Merpati Oriental Frill

Jenis Burung Merpati Hias Berdasarkan

Ukuran Badan

Merpati Carrier

Jenis burung merpati hias ini tergolong jenis merpati pos atau merpati pembawa pesan. Memiliki ukuran badan dengan tinggi antara 45 sampai 48 cm, dan memiliki berat antara 500 sampai 650 gram. Dari segi warna yang paling banyak adalah hitam, merah, kuning, putih, dan ada beberapa yang berpita biru. Burung ini memiliki kemampuan terbang jarak jauh dan memiliki daya ingat yang cukup kuat.

Merpati Carrier

Merpati Mondaine

Jenis merpati hias ini merupakan merpati keturunan dari Perancis dan juga Italia. Disana burung ini untuk konsumsi mengingat bentuk tubuhnya yang bulat dan gemuk. Di Indonesia burung ini digolongkan sebagai jenis merpati hias.

Merpati Mondaine

Merpati Carneau

Burung merpati hias carneau berasal dari Belgia Selatan atau perancis utara. Carneau ini sangat dikenal sebagai burung konsumsi. Ukuran burung tergolong besar, berat sebesar 750 gram dan bahkan bisa mencapai 1kg.

Merpati Carneau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here